11 Cara Menurukan Kolesterol Secara Alami

Diposting pada

zulfaherbal.com – Bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami? Cara mengurangi kolesterol tinggi sebenarnya cukup beragam, dari minum obat hingga menggunakan metode alami.

Nah, berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan mudah.

Cara alami di sini adalah dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang ada di sekitar dan menjalani gaya hidup sehat.

11 Cara Cepat Menurukan Kolesterol Secara Alami

cara menurunkan kolesterol

Berikut adalah 11 cara untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Makan buah adalah salah satu cara utama untuk menurunkan kolesterol

1. Minumlah jus jeruk nipis setiap pagi dan malam

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah dengan meminum jus jeruk nipis. Karena jeruk nipis kaya akan flavonoid.

Flavonoid bertindak sebagai antioksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Anda cukup minum jus jeruk nipis dicampur dengan segelas air hangat di pagi hari ketika Anda bangun dan sebelum tidur. Lakukan secara teratur agar kadar kolesterol jahat akan segera turun.

2. Minumlah jus anggur

Anti oksidan yang umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien dalam anggur yang telah terbukti secara luas sebagai zat anti-mikroba.

Anggur itu sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minum jus anggur setidaknya sekali sehari secara teratur sebagai cara untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Jambu merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Ada antioksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan banyak lagi.

Karena itu, sebagai cara untuk menurunkan kolesterol tinggi, mulailah mengonsumsi jus jambu biji merah secara teratur. Anda bisa langsung memakannya atau dijus.

4. Kulit manggis

Tidak hanya Anda dapat memakan buahnya, kulit manggis juga memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan Anda. Salah satunya adalah cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti kanker dan anti oksidan, jauh lebih kuat daripada vitamin C dan E. Anda dapat memilih untuk mengonsumsi ekstrak kulit manggis yang banyak beredar di masyarakat atau dengan memadukan kulit manggis dan kemudian meminumnya secara langsung.

5. Makan biji-bijian

Nutrisi yang tinggi pada biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel-sel dalam tubuh untuk berkembang dengan baik untuk mencegah efek radikal bebas dari luar atau di dalam tubuh.

Biji-bijian utuh sangat penting bagi kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, serat, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, dan vitamin B. Karenanya biji-bijian utuh efektif digunakan sebagai cara untuk menurunkan kolesterol secara alami.

6. Rajin mengkonsumsi brokoli

Brokoli mengandung serat tinggi yang bisa berfungsi mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi alami tubuh.

Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera diberantas. Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai cara untuk menurunkan kolesterol tinggi jika brokoli direbus dan hindari menggunakan minyak untuk mengkonsumsi brokoli.

7. Rajin mengkonsumsi apel

Cara selanjutnya untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi Apel. Buah ini, terutama kulitnya mengandung pektin, yaitu serat larut air yang efektif menurunkan kolesterol.

Pectin bekerja untuk menyerap kolesterol dan lemak jahat di usus kecil, untuk dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Selain itu, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari makan makanan yang tidak sehat.

8. Manfaatkan Berry

Keluarga memberi kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang diserap di usus kecil, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan digantikan dengan kolesterol HDL yang baik.

Dalam sebuah studi oleh Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskular, ditunjukkan bahwa asupan 2 porsi buah beri per hari (1 melayani setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengurangi tekanan darah sistolik.

9. Konsumsi pir

Pir tinggi serat alami. Satu buah pir berukuran sedang dapat memenuhi 16% dari kebutuhan serat harian. Bahkan, nilai serat pir lebih tinggi dari apel. Jenis serat yang terkandung dalam pir adalah pektin.

Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh dapat menurun. Konsumsi buah pir secara teratur sebagai cara alami menurunkan kolesterol tinggi.

10. Makan satu alpukat setiap hari

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Nah, alpukat dapat digunakan sebagai cara untuk mengurangi kolesterol tinggi.

Makan 1 alpukat per hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukkan bahwa selain memengaruhi kadar kolesterol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

11. Minum Obat Herbal

Yang terakhir adalah meminum obat herbal secara teratur. Obat herbal yang wajib anda coba adalah Jelly gamat. Jelly gamat terbuat dari teripang emas yang sangat dipercaya mampu menurunkan kolesterol dengan aman dan cepat.

Demikian artikel mengenai cara menurunkan kolesterol secara alami. Semoga bermanfaat. Terimakasih

https://id.wikipedia.org/wiki/Kolesterol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *